Ke Bengkulu gak Nyicip Bagar Hiu Menu Favorit Bung Karno, Rugi dong..

Denger namanya ada usah serem. Bagaimana tidak menu yang satu ini adalah berbahan ikan yang paling ganas, paling di takuti, yaitu ikan hiu. Bagar hiu makanan khas Bengkulu. Jadi kalau Anda datang ke Bengkulu tidak mencicipinya sangat rugi. Apalagi kalau nanti ikan hiu menjadi binatang yang dilindugi anda akan kecewa belum pernah makan ikan hiu.

Bagar Hiu Bengkulu
Sepintas tampilannya mirip dengan rendang Padang, perbedaanya kalau bagar tidak menggunakan santan akan tetapi kelapa yang di sangrai. Rasanya sangat lezat. Kelebihan dalam pengolahan adalah kemampuan untuk menghilangkan bau amis yang menyengat dari ikan hiu. Kemampuan inilah yang dimilik koki rumah makan yang handal di Bengkulu.

Hidangan ini tidak selamanya ada tersedia, pada musim tertentu. Disamping itu menangkap hiu tidaklah mudah. Menu ini juga konon kabarnya kesukaan Bung Karno ketika di Bengkulu. Ada beberapa restoran yang menyediakan menu favorit Bagar Hiu, salah satunya Inga Raya yang  berada di Jalan Bencoolen Pasar Bengkulu Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu.

Tempatnya cukup bagus, dengan pemandangan pantai Jakat, tepat wisata pantai yang ramai dikunjungi, tidak jauh dari tempat itu juga terdapat jembatan yang dinamakan "jembatan cinta" konon tempat nongkrong mahasiswa pada sore hari dengan menikmati sunset dari atas jembatan. Tempat terdekat yang tidak kalah menariknya adalah Benteng Malborugh warisan kolonial Inggris, sebagai bukti sejarah bahwa Bengkulu dijajah Inggris. Jadi kalo habis jalan ke lokasi wisata tersebut langsung aja mampir ke Rumah Makan khas Bengkulu Inga Raya.
Berikut peta saya sajikan untuk memudahkan mengunjunginya.


Comments